Beritajabodetabek, Jakarta – Influenfer adalah seseorang yang dapat memberikan pengaruh kepada masyarakat. Umumnya seorang influencer aktif pada media sosial seperti instagram, facebook, tiktok, youtube yang memiliki pengikut banyak sebagai tempat untuk membuat konten yang menarik yang bertujuan untuk mengiklankan atau mempromosikan suatu produk.
Selain itu ada juga KOL atau Key Opinion leader. KOL merupakan seseorang yang ahli dalam suatu bidang atau industri. KOL memiliki pekerjaan terkait dengan bidang tertentu yang dipercaya oleh audience karena pengalaman nya pada bidang tersebut. Misalnya seperti dokter, desainer, psikolog, chef, jurnalis, dan lain nya.
Pada masa kini banyak yang menggunakan iklan maupun endorsment untuk meningkatkan awareness brand maupun produk mereka. tidak bisa dipungkiri juga banyak yang menjadi penyedia jasa infuencer pada media sosial.
Jenis - jenis influencer
Seiring dengan perkembangan teknologi pada dunia digital, kini influencer memiliki beberapa jenis untuk memudahkan warganet mengetahuinya. pada dasarnya dibagi menjadi 3 kategori berdasarkan jumlah pengikut dari akun media sosialnya.
– Nano : Jumlah pengikut dibawah 10.000 akun.
– Micro : Jumlah pengikut 10.000 hingga 100.000 akun.
– Macro : Jumlah pengikutnya lebih dari 100.000 akun.
– Mega : jumlah pengikut melebihi 1 juta akun.
1. Nano Influencer
Nano influencer adalah pilihan populer dikarenakan biaya yang digunakan relatif murah dan menawarkan berbagai keuntungan. meski begitu nano jarang mengidentifikasi diri mereka sebagai pembawa pengaruh karena bagi mereka sosial media hanya tempat untuk menuangkan ide maupun hobi mereka.
2. Micro Influencer
Micro memiliki pengikut dengan jumlah yang melebihi 10.000 hingga 100.000 akun. Secara umum, masyarakat akan lebih percaya terhadap jenis ini dikarenakan ada bidang yang dikuasainya. Mereka biasanya mendapatkan followers hingga jumlah yang banyak dengan membuat topik khusus seperti kecantikan, traveling, kuliner dan yang lainnya. Bisa juga menaikan jumlah followers secara perlahan dengan aktif pada sosial media sehingga terus mengunggah konten yang berkualitas dan spesifik dengan topik tertentu.
3. Macro Influencer
Dapat disebut macro dikarenakan jumlah pengikut sosial media mereka melebihi 100.000 hingga 1 juta akun. Macro Influencer cenderung mempunyai pengikut maupun audiens beragam dengan minat yang bermacam – macam. Mereka sangat peduli dengan brand awareness yang dibutuhkan oleh klient. Mereka pun cenderung lebih mudah untuk diakses dan dihubungin dari pada mega.
4. Mega Influencer
Dengan pengikut yang melebihi 1 juta akun mereka disebut sebagai mega influencer. Secara umum jenis ini berprofesi sebagai artis atau orang yang berpengaruh dimasyarakat. Dengan pengikut yang banyak memungkinkan untuk menyebarkan informasi maupun branding dengan jangkauan yang sangat luas, namun dana yang digunakan juga akan menjadi lebih besar.
Apa yang didapatkan jika menggunakan influencer untuk branding?
Dengan menggunakan jasa influencer memungkinkan anda untuk mendapatkan banyak keuntungan seperti :
1. Membuat produk anda menjadi pusat perhatian
Dengan menggandeng influencer yang sedang viral akan membantu produk anda menjadi perhatian dari banyak warganet.
2. Membuat konsumen menjadi lebih percaya terhadap produk anda
Banyak orang ingin membeli produk namun ragu dengan reviews dari penjual maupun pembeli lain nya. namun dengan influencer anda dapat meyakinkan konsumen dengan membuat reviews produk tersebut.
3. Mendongkrak penjualan dari produk anda
Semakin banyak yang mengetahui produk anda, semakin banyak juga kemungkinan penjualan produk yang dihasilkan.
4. Menjangkau lebih banyak konsumen
Semakin berkembangnya teknologi kini masyarakat banyak melakukan kegiatan atau mengisi waktu luang dengan bermain sosial media, dengan itu memungkinkan untuk menyebarkan iklan pada media sosial untuk menjangkau banyak konsumen melalui influencer yang memiliki banyak pengikut.
5. Membangun kedekatan dengan konsumen
Membangun kedekatan dengan konsumen tidak harus dengan bertemu dan bertatap muka secara langsung. Namun salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu membangun kedekatan dengan konsumen dengan menggunakan public figure yang benar – benar menyukai produk anda.
JIka kamu pelaku bisnis dan tertarik untuk mengembangkan bisnis kamu disosial media dengan influencer atau KOL, kamu bisa mengunjungi website kol.co.id