Apa Peran Influencer Pada Sosial Media?

- Penulis Berita

Jumat, 16 Desember 2022 - 14:55 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Beritajabodetabek, Jakarta – Influenfer adalah seseorang yang dapat memberikan pengaruh kepada masyarakat. Umumnya seorang influencer aktif pada media sosial seperti instagram, facebook, tiktok, youtube yang memiliki pengikut banyak sebagai tempat untuk membuat konten yang menarik yang bertujuan untuk mengiklankan atau mempromosikan suatu produk.

Selain itu ada juga KOL atau Key Opinion leader. KOL merupakan seseorang yang ahli dalam suatu bidang atau industri. KOL memiliki pekerjaan terkait dengan bidang tertentu yang dipercaya oleh audience karena pengalaman nya pada bidang tersebut. Misalnya seperti dokter, desainer, psikolog, chef, jurnalis, dan lain nya.

Pada masa kini banyak yang menggunakan iklan maupun endorsment untuk meningkatkan awareness brand maupun produk mereka. tidak bisa dipungkiri juga banyak yang menjadi penyedia jasa infuencer pada media sosial.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Jenis - jenis influencer

Seiring dengan perkembangan teknologi pada dunia digital, kini influencer memiliki beberapa jenis untuk memudahkan warganet mengetahuinya. pada dasarnya dibagi menjadi 3 kategori berdasarkan jumlah pengikut dari akun media sosialnya.

– Nano : Jumlah pengikut dibawah 10.000 akun.

– Micro : Jumlah pengikut 10.000 hingga 100.000 akun.

– Macro : Jumlah pengikutnya lebih dari 100.000 akun.

– Mega : jumlah pengikut melebihi 1 juta akun.

1. Nano Influencer

Nano influencer adalah pilihan populer dikarenakan biaya yang digunakan relatif murah dan menawarkan berbagai keuntungan. meski begitu nano jarang mengidentifikasi diri mereka sebagai pembawa pengaruh karena bagi mereka sosial media hanya tempat untuk menuangkan ide maupun hobi mereka.

2. Micro Influencer

Micro memiliki pengikut dengan jumlah yang melebihi 10.000 hingga 100.000 akun. Secara umum, masyarakat akan lebih percaya terhadap jenis ini dikarenakan ada bidang yang dikuasainya. Mereka biasanya mendapatkan followers hingga jumlah yang banyak dengan membuat topik khusus seperti kecantikan, traveling, kuliner dan yang lainnya. Bisa juga menaikan jumlah followers secara perlahan dengan aktif pada sosial media sehingga terus mengunggah konten yang berkualitas dan spesifik dengan topik tertentu.

3. Macro Influencer

Dapat disebut macro dikarenakan jumlah pengikut sosial media mereka melebihi 100.000 hingga 1 juta akun. Macro Influencer cenderung mempunyai pengikut maupun audiens beragam dengan minat yang bermacam – macam. Mereka sangat peduli dengan brand awareness yang dibutuhkan oleh klient. Mereka pun cenderung lebih mudah untuk diakses dan dihubungin dari pada mega.

4. Mega Influencer

Dengan pengikut yang melebihi 1 juta akun mereka disebut sebagai mega influencer. Secara umum jenis ini berprofesi sebagai artis atau orang yang berpengaruh dimasyarakat. Dengan pengikut yang banyak memungkinkan untuk menyebarkan informasi maupun branding dengan jangkauan yang sangat luas, namun dana yang digunakan juga akan menjadi lebih besar.

Apa yang didapatkan jika menggunakan influencer untuk branding?

Dengan menggunakan jasa influencer memungkinkan anda untuk mendapatkan banyak keuntungan seperti :

1. Membuat produk anda menjadi pusat perhatian

Dengan menggandeng influencer yang sedang viral akan membantu produk anda menjadi perhatian dari banyak warganet.

2. Membuat konsumen menjadi lebih percaya terhadap produk anda

Banyak orang ingin membeli produk namun ragu dengan reviews dari penjual maupun pembeli lain nya. namun dengan influencer anda dapat meyakinkan konsumen dengan membuat reviews produk tersebut.

3. Mendongkrak penjualan dari produk anda

Semakin banyak yang mengetahui produk anda, semakin banyak juga kemungkinan penjualan produk yang dihasilkan.

4. Menjangkau lebih banyak konsumen

Semakin berkembangnya teknologi kini masyarakat banyak melakukan kegiatan atau mengisi waktu luang dengan bermain sosial media, dengan itu memungkinkan untuk menyebarkan iklan pada media sosial untuk menjangkau banyak konsumen melalui influencer yang memiliki banyak pengikut.

5. Membangun kedekatan dengan konsumen

Membangun kedekatan dengan konsumen tidak harus dengan bertemu dan bertatap muka secara langsung. Namun salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu membangun kedekatan dengan konsumen dengan menggunakan public figure yang benar – benar menyukai produk anda.

JIka kamu pelaku bisnis dan tertarik untuk mengembangkan bisnis kamu disosial media dengan influencer atau KOL, kamu bisa mengunjungi website kol.co.id

Berita Terkait

Ingin Viral Di Sosial Media? Aplikasi Ini Jadi Jawabannya!
Bagaimana Industri Kreatif Indonesia Merambah Pasar Global?
Sustainable Fashion 2024: Mengapa Mode Ramah Lingkungan Semakin Populer
Ternyata Usia Bulan Lebih Tua Dari Perkiraan, Berikut Penjelasannya
Masa Depan Pekerjaan Jarak Jauh: Tren dan Prediksi untuk 2025
Inovasi Desa Cerdas: Membangun Komunitas Berkelanjutan di Pedalaman Indonesia
Mitos dan Legenda Tersembunyi dari Berbagai Belahan Dunia
Wagianto Angkasa Wijaya : “ Kisah Inspiratif dari Kampung Hingga Menjadi seorang Crazy Rich “

Berita Terkait

Rabu, 21 Mei 2025 - 14:47 WIB

Persiapan Timnas Indonesia untuk Pertandingan Melawan China dan Jepang di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selasa, 6 Mei 2025 - 14:11 WIB

Warga Bekasi Barat Dikejutkan Penemuan Mayat Bayi di Kali Cakung

Senin, 28 April 2025 - 15:40 WIB

Pemprov DKI Dikabarkan Akan Hapus PKB Progresif

Rabu, 23 April 2025 - 14:25 WIB

WNA Ghana Bawa Pisau dan Balita Mengamuk di Supermarket Kalibata

Senin, 21 April 2025 - 14:33 WIB

Pengakuan Dokter PPDS UI Rekam Mahasiswi Mandi di Jakpus Karena Iseng

Senin, 14 April 2025 - 15:08 WIB

Mulai Hari Ini, Car Free Day di Jakarta Kembali Digelar

Jumat, 11 April 2025 - 14:13 WIB

Gempa Dengan Kekuatan 4,1 Mengguncang Bogor, Getaran Terasa Sampai Jakarta

Kamis, 10 April 2025 - 14:28 WIB

Detik-detik Pembunuhan Ojol oleh Teman ‘Tak Tahu Diri’ Terungkap dalam Rekayasa Ulang

Berita Terbaru

Jakarta

Pemprov DKI Dikabarkan Akan Hapus PKB Progresif

Senin, 28 Apr 2025 - 15:40 WIB